18 Desember 2014

Contoh RPP Materi Kesebangunan



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah             : SMP Negeri 12 Palembang
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas                            : IX (SEMBILAN)
Semester                      : 2 (Dua)
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)


 
Kompetensi Dasar     :1.1 Dapat memberikan contoh kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari
                                      1.2 Memahami pengertian kesebangunan
  1.3 Mengetahui syarat-syarat kesebangunan
  1.4 Dapat memberikan contoh kesebangunan pada bangun datar
  1.5 Dapat mengerjakan soal-soal latihan tentang kesebangunan
Kompetensi Inti          : 2.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.2 Menghargai dan menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,       peduli, santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
   2.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan berdasarkan rasa ingin taunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
   2.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.
Indikator                     :3.1 Menunjukan sikap logis, kritik, analitik, konsisten, teliti, bertanggung jawab, responsive, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
                                      3.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
                                      3.3 Menentukan kesebangunan pada bangun datar
A. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat: 1. Memberikan contoh kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari
                                      2. Mengetahui pengertian kesebangunan
                                     3. Mengetahui syarat-syarat kesebangunan
                                     4. Memberikan contoh kesebangunan pada bangun datar
 5. Mengerjakan soal-soal latihan tentang kesebangunan
B. Materi Pembelajaran:
1.      Pengertian Kesebangunan
Kesebangunan yaitu dua bangun dikatakan sebangun jika kedua bangun tersebut mempunyai bentuk yang sama tetapi ukurannya berbeda, yang satu merupakan perbesaran atau pengecilan dari bangun lain.
2.      Syarat-syarat kesebangunan
a.       Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar
b.      Sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan panjang yang sama
3.      Contoh kesebanguan pada bangun datar
a.       Persegi Panjang
Perhatikan gambar dibawah ini:
 
Pada persegi panjang ABCD memiliki panjang dan lebar yaitu 36 mm dan 24 mm, serta persegi panjang PQRS memiliki panjang dan lebar yaitu 58 mm dan 38 mm. Perbandingan antara panjang persegi panjang ABCD dan panjang persegi panjang PQRS adalah 36 : 144 atau 1 : 4. Begitu juga dengan lebar perbandingannya 24 : 96 atau 1:4.Dengan demikian sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua persegi panjang itu memiliki perbanding senilai atau sebanding.
Perbandingan sisi yang bersesuaian dari kedua persegipanjang tersebut, yaitu sebagai berikut:
AB: PQ = BC : QR = CD : RS = AD : PS =  1 : 4
Oleh karena semua sudut persegi panjang besarnya 90° (siku-siku) maka sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua persegi panjang itu besarnya sama. Dalam hal ini persegi panjang ABCD dan persegi panjang PQRS memiliki sisi-sisi bersesuaian yang sebanding dan sudut-sudut bersesuaian yang sama besar. Selanjutnya, kedua persegi panjang tersebut dikatakan sebangun.
Jadi, persegi panjang ABCD sebangun dengan perseg ipanjang PQRS
b.      Segitiga
Contoh 1. Perhatikan gambar dibawah ini :

pada ABC dan  PQR adalah sebangun, karena memiliki sifat 

v  Perbandingan sisi yang sama besar bersesuaian sama besar, yaitu :
AC bersesuaian dengan PR = AC : PR = 4 : 2 = 2
AB bersesuaian dengan PQ = AB : PQ = 8 : 4 = 2
BC bersesuaian dengan QR = BC : QR = 6 : 3 = 2
 Jadi  =  = 
v  Besar sudut-sudut yang bersesuaian sama besar , yaitu :
            Contoh 2. Pehatikan gambar berikut !

 
Sisi-sisi yang bersesuaian pada dua segitiga yang sebangun adalah sebanding. Oleh karena itu jika diketahui faktor skala perbandingannya maka kita dapat mencari panjang sisi-sisi segitiga yang belum diketahui.
Kita peroleh AB = BD + AD dan BC = BE + EC. Dengan sifat kesebangunan maka sisi-sisi yang seletak sebanding adalah :
 =  =  =  =  = 

Contoh 3. Perhatikan gambar berikut !
 Pada segitiga siku-siku dibawah ini di dapat :
 Diketahui ABC siku-siku di B, dan BD merupakan garis tinggi (sehingga BD tegak lurus dengan AC)

4.      Contoh soal
a)       Perhatikan gambar di bawah ini
Diketahui :AB = 8 cm
      BC = 6 cm
DE = 12 cm
DF = 10 cm.
Tentukan :
a.    Apakah Description: \Delta ABC dan Description: \Delta DEF sebangun ? Jelaskan !
b.   Tentukan pasangan sisi yang bersesuaian dan sebanding
c.    Hitunglah panjang AC
d.   Hitunglah panjang EF
Penyelesaian :
a.       Perhatikan sudut-sudut kedua segitiga
Jadi Description: \Delta ABC dan Description: \Delta DEF adalah sebangun, karena mempunyai tiga sudut yang sama besar.
b.      Sisi bersesuaian adalah sisi yang menghadap sudut yang sama, jadi :
 
c.       Gunakan rumus kesebangunan di atas
 
d.      Gunakan rumus kesebangunan di atas
 
5.      Soal latihan di buku paket Matematika halaman 30.
v  Segitiga ABC dibawah ini siku-siku di A, panjang BC= 20 cm dan BD= 8 cm. Tentukan panjang AB, AC, dan AD!
C. Metode Pembelajaran:
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Pemberian tugas
D. Media Pembelajaran:
1.      Powerpoint
2.      Geogebra.

E. Langkag Pembelajaran:
1.      Pendahuluan:
·         Mengucapkan salam dan doa.
·         Menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator yang akan dicapai.
·         Guru menyampaikan infomasi mengenai pembelajaran yang akan dicapai.
·         Guru menanyakan kepada siswa  contoh kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Kegiatan Inti   :
·         Dengan Tanya jawab guru mengingatkan kembali bentuk kesebangunan                                                                                                                                                      dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menjelaskan pengertian dan syarat-syarat kesebangunan
·         Memberikan contoh soal tentang kesebangunan
·         Memberikan latihan soal mengenai kesebangunan
3.      Penutup           :
·         Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi.
·         Memberikan informasi tentang pertemuan selanjutnya.
·         Mengucapkan Alhamdullilah dan salam.
F. Alat dan Sumber Belajar       :
Sumber                           :Buku Paket dari Yrama Widya.
 ~Buku Matematika untuk SMP kelas IX
G. Penilaian                             :
Teknik                         : Tes lisan dan Tes tertulis.
Bentuk Instrumen       : Uraian singkat

            Contoh Instrumen       :
Indikator
Instrumen
Skor
1.      Menentukan panjang AB, AC, dan AD.


1.Segitiga ABC dibawah ini siku-siku di A, panjang BC= 20 cm dan BD= 8 cm. Tentukan panjang AB, AC, dan AD!
100




Rubrik Pensekoran      :
No
Penyelesaian
Skor
1









Diketahui : BC= 20 cm
                   BD= 8 cm
Tentukan : a. Panjang AB !
                  b.Panjang AC !
                  c. Panjang AD!
Jawab     : Ada rumus kesebangunan yang berlaku untuk mencari sisi-sisi dari segitiga siku-siku seperti soal di atas, yaitu :

a.       Cari panjang AD dengan rumus 
 
 
 


b.      Cari panjang AB dengan rumus                                                    
          20
 
c.       Cari panjang AC dengan rumus 
 
 




20

10







10




20












20







20








Skor Total
100


Guru Mata Pelajaran                                                               Mengetahui
                                                                        Kepala Sekolah SMP Negeri 12 Palembang


Asmarani, S.Pd                                                           Ahmad Haifani, M.Pd

1 komentar:

  1. Mudah mudahan bisa bermanfaat utk pembelajaran di kelas saya

    BalasHapus